Bagaimana Menghilangkan Rasa Malas dan Membuat Bersemangat?

BAGAIMANA MEMBUAT HARI BERSEMANGAT?


Pernahkah kamu merasa malas? Merasa tidak bersemangat menjalani hari-hari? Rasanya kasurlah yang paling menggoda untuk rebahan. Yup! Tentu jawabannya pernah, well, karena itu sifat manusiawi, bisa jadi semua orang pernah mengalami, atau mungkin sering?.

Hmm... Namun setiap orang pula akan berbeda menyikapi hal tersebut, ada yang terkalahkan oleh rasa malas, sehingga banyak hal yang tidak kita lakukan, yang pada akhirnya tetap saja pekerjaan tersebut tidak terselesaikan dan menumpuk pekerjaan. Ada pula yang bisa melawan rasa malas tersebut. Nah ini ada beberapa kebiasaan yang bisa bikin harimu bersemangat loh...

Bagaimana caranya melawan rasa malas?


1. Planning sebelum tidur

Penting untuk membuat planning hari esok sebelum kita tidur, mengapa??? Layaknya sebuah alarm, kita set waktu supaya kita bisa bangun jam 4 shubuh misalkan, sebetulnya ini pun salah satu bentuk perencanaan, iya kan?
Namun lebih baik lagi jika kita membuat perencanaan kegiatan lainnya, 
Apa saja yang akan dilakukan di hari tersebut?
Sekalipun libur sekolah atau libur bekerja,
Aktivitas akan selalu ada, misal berolahraga di pagi hari, siang akan mengantar ibu, sore pergi dengan teman, dan lainnya, bahkan bagi seorang ibu rumah tangga pun perlu merencanakan task pada hari itu.

Misalkan
- Pagi Bangun beribadah
- mencuci piring,
- lalu memasak nasi
- membuat sarapan
- jam 08.00 berolahraga sampai jam 09.00
- jam 10.00 mengurus tanaman
- makan siang mau sama mie ayam
- dzuhur sholat + membaca AlQuran
- jam 01.00 ikut kulwap (kuliah whatsapp)

Dan lain-lainnya, seolah terdengar sepele yah, namun coba deh lakukan hal ini, maka hari-hari mu akan dilalui dengan penuh makna dan tertata,
Sebagian orang ada yg mencatat di buku task nya, namun sebagian yang lain hanya mencatat dipikirannya, it's oke, kita semua punya cara masing-masing. Tentunya ini bisa menjadi salah satu melawan rasa malas esoknya, karena ketika kita menyeting ulang otak atau memberikan task pada diri kita, maka otak pun akan seperti alarm, yang selalu mengingatkan kita. Awalnya mungkin sulit, tapi ini sungguh menakjubkan, masyaAllah kebesaran Allah memberikan otak kita secanggih itu.

2. Bangun pagi dengan penuh rasa syukur

Ketika malam hari kita sudah membuat planning tadi, maka ketika bangun otak kita akan mengingatkan kembali apa saja yang harus dilakukan hari ini, nah penting sekali ketika bangun tidur kita membaca doa dengan penuh rasa syukur, karena itu memberikan energi positif dan membuat mood kamu baik, sebetulnya semakin banyak bersyukur maka mood yang buruk akan hilang, dan rasa malas lenyap maka semangat bangkit. Bersyukur itu salah satu kunci yang memberikan kita energi positif. Tak percaya? Cobalah!!!
Ketika malas melanda, sebut rasa syukur itu, contoh kamu malas bekerja di hari senin?
Katakan "Ya Allah Alhamdulillah Aku punya pekerjaan, banyak temanku yang belum bekerja sampai detik ini"

Terasa bedanya?

Atau kamu sedang sedih, dan hal buruk menimpamu, coba ucapkan rasa syukur kembali, apa hikmah dari semua ini?
Misal seseorang menyakitimu
"Alhamdulillah ya Allah, semoga kesakitan ini menjadi penggugur dosaku, alhamdulillah aku jadi tau sifat dia begitu, sehingga aku berhati-hati dan untung saja aku belum berbisnis dengannya"

"Alhamdulillah Qodarullah projectnya gagal, mungkin Allah menghindarkan Aku dari rezeki yang tidak baik, ini pasti sudah yang terbaik untukku ya Allah"

Teruskan rasa syukurmu, dan rasakan bedanya

3. Langsung membereskan tempat tidur di pagi hari

Kenapa begitu penting?
Karena, bagaimana kita akan menyelesaikan hal lainnya dengan baik, jika 1 pekerjaan membereskan tempat tidur saja kita lewati? Setidaknya jika kita membereskan tempat tidur, pada hari itu kita sudah menyelesaikan 1 pekerjaan, betul? Dan bisa jadi memberikan dampak semangat untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.

4. Tersenyum

Minimal tersenyum pada diri sendiri di cermin, kamu sedang menyemangati dirimu sendiri. Jika kamu mempunyai pasangan, pagi hari tersenyumlah padanya, bisa jadi kita sedang berbagi energi positif, bisa juga pada keluarga yang ada dirumah, menyapa dan tersenyumlah.
Dan lakukan semua kegiatanmu pada hari itu, dan rasakan semangat luar biasa itu.
Jika jadwal hari kerja, atau sekolah, sapa teman-temanmu di sekolah ataupun di kantor. Menebar energi positif tidak akan merugikanmu dan orang lain, justru kamu membangun lingkungan yang ramah dan menyenangkan yang akan membuatmu tambah bersemangat.

Selamat Mencoba!!!!
Semangat!!!
Oh iya sesekali cobalah untuk tidak dikontrol gadget, karena saat ini memang gadget yang bisa jadi penghambat semangat kita, yup karena Aku pun begitu. Cobalah untuk keluar, pergi tanpa membawa gadget, dan nikmati hari mu. Seringkali kita panik karena batre Hp mati, langsung memikirkan takut ada teman kantor menghubungi, atau takut ada info penting dll,
Ingat sesekali ini perlu loh dilakukan, healthy mental, karena kondisi kita terlalu terikat dengan gadget dan memang kebutuhannya seperti itu. :)
Sesekali saja ini bisa kamu lakukan supaya kamu merasa tenang, menikmati hidup dan mengistirahatkan diri dari radiasi. Mungkin akan ada yg setuju ataupun tidak, kembali lagi terserah padamu. Kamu yang lebih tahu apa yang dibutuhkan batin dan tubuhmu :)

Keep healthy teman-teman ^_^
Terima kasih sudah mau berkunjung kesini,
Semoga bermanfaat 😊
Semangat!
Semangat!
Semangaaaaaaaaaaaat!

Tulisan ini pun untuk menyemangati dan menjadi pengingat untuk diriku sendiri juga :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEST KERJA

PENGALAMAN HSG & BIAYANYA DI SAM MARIE JAKARTA

CERPEN [Takdir yang tak bisa Diubah]