Bagaimana cara mengatur waktu - TIME MANAGEMENT

Sharing session Time Management

GITS Indonesia with Mas Adam (@ardisaz)



TIME MANAGEMENT


Hello Guys, ini dia nih moodbooster. Waktu itu GITS ngundang salah satu orang hebat Mas Adam CEO Arsanesia, Blogger & Vlogger, penulis di Daily Social dll. (Kebayangkan sibuknya gimana orang hebat ini).

Nah, Ketika diri kita udah mulai kurang disiplin, rutinitas ga menentu, bimbang, banyak wasting time, hilang arah, performansi menurun. Nah denger sharing dari orang-orang hebat tuh bikin semangat kita up lagi. Ya semoga ga cuma masuk telinga kanan keluar telinga kiri yaaa tapi resapi dulu diotak lalu coba ikuti.

Selalu seneng sih kalo denger sharing, ya sharing apapun terutama sharing yg menginspirasi dan lebih untuk perbaikan diri. Seolah ada titik semangat yg membara dalam jiwa untuk bisa berubah menjadi orang yang lebih baik lagi. Memang tidak ada permulaan yang mudah, tapi setelah dijalani mungkin akan terasa mudah karena terbiasa. *bisa karena biasa* ibarat bayi yg sedang belajar jalan, susaah tapi lama lama bisa dan semakin lancar jalan setelah mulai terbiasa. Loh loh loh ini bahasannya apaa toh yaaa yg tdi di sharing apaa coba ya (mau tau?).

Jadi gini review dari sharing hari ini tuh tentang Time Management.
Bagaimana kita mengelola waktu, ini tuh penting, penting banget!! Terutama bagi orang orang yg super sibuk. Bingung saking banyaknya yg harus dikerjakan. Jadi harus pinter bagi waktunya juga kan.

Ada 7 point utama dalam Time Management:

1. GOAL

Harus punya Goal atau tujuan. Nih kalo diibaratkan ya pemain bola, ada waktu yg berjalan dlm permainan sepak bola. Dan untuk apa coba pemain bola main mainin bola di lapangaaan yg luaaaas lari kesana kemari nendang nendang, ya karena mereka punya tujuan, harus punya poin dengan cara masukin bola ke gawang kan. Goal. Tapi maksdnya disini, kita harus punya tujuan tujuan dengan memprioritaskan task nya. Prioritas setiap orang ya berbeda beda ya. Tpi untuk kita sebagai umat muslim memang sudah seharusnya memprioritaskan agama dulu, sebelum menjalankan beberapa aktivitas yg sudah di list tetap utamakan sholat berdoa dulu. Atau ada juga yg memprioritaskan keluarganya, jadi klo misalkan ada jadwal meeting padat dan aktivitas kerja lainnya lalu ada orang tua kita yg tiba2 sakit harus diantar ke dokter, maka yg diprioritaskan adalah keluarga jadi tinggalkan dulu aktivitas kerjanya dan antarkanlah ortunya.

Contoh lain lagi, ketika ada sebuah project yg deadlinenya mepet. Sedangkan kmu punya banyak aktivitas harus bikin video atau menulis blog dll, maka yg harus diprioritaskan adalah kejar target project tersebut dan pindahkan lah jadwal untuk bikin video atau menulis blognya. Jadi fokus ke beberapa task yg diprioritaskan intinya.


2.  Monitor

Monitor atau melakukan tracking aktivitas, kamu bisa mencatat seluruh kegiatan dari mulai bangun pagi beserta jam dan menitnya. Lakukan setiap hari hingga tertidur lagi. Begituu setiap hari, nanti akan terlihat beberapa aktivitas yg sebenarnya bisa digabung dalam waktu yg bersamaan. Jadi kita bisa mengurangi wasting time, bisa mengefisienkan waktu dengan memilih task mana yg bisa di gabung.

3. Planning

Buatlah perencanaan setiap hari, buat perencanaan untuk hari esok dan hari hari yg akan datang. Catat task apa saja yg harus dikerjakan besok. Contoh besok saya akan: 1. Mencuci piring 2.membuat proposal 3.bertemu client dll. Nah buat perencanaan listnya. Nah  karena saat ini apapun bisa menjadi hal yg mudah dengan aplikasi. Ini beberapa apps yg direkomendasikan oleh Mas Adam yaitu todoist, pomodoro, dll. Sebenernya di playstore jg udah banyak ya aplikasi time management ini, tpi aplikasi ini yg lebih simple dan mudah digunakan.

4. Transition time

Apa nih? Ya waktu transisi, maksudnya yaitu ada jeda disetiap kesibukan yg padat. Hal ini penting untuk refresh diri sejenak dr bekerja. Misalkan untuk seorang programmer. Dia bekerja membuat codding 25 menit. Nah setelah selesai 25 menit ambil jeda 5 menit untuk   melanjutkan kembali. Jadi jangan disaat fokus kerjaan terus buka youtube atau apapun itu, selain konsentrasi terpecah ya pekerjaan jadi lama selesai.

5. Procrastinate

Menunda nunda itu hal yang kurang baik dilakukan, karena ketika ada task kerja baru lagi maka kerjaan bakal jadi menumpukkan. Untuk mengantisipasi hal ini coba deh kasih reward pada diri sendiri kalo kita bisa menyelesaikan target kerja sebelum deadline atau saat hasil kerja yang maksimal. Tapi kalo misalkan kita menunda dan telat mengerjakan kasih hukuman juga pada diri. Misalkan nih seorang wanita yg tiap minggu hobbynya creambath. Ketika pekerjaan dia kurang sesuai target, hukum diri sendiri dengan ga ngedapetin waktu me time nya, weekend g boleh creambath ke salon. Ya semacam itulah.

6. NO

Terkadang menjadi orang sibuk itu jadwalnya akan selalu padat. Bukan so sibuk ya tapi memang orang yg sibuk mengerjakan banyak hal dan kurang waktu senggang untuk bersantai. Nah biasanya orang hebat suka banyak tawaran / panggilan untuk sharing session ataupun banyak meeting dll. Nah coba deh belajar bilang tidak, maksudnya jangan semua dijanjikan oke siap pasti datang, atau menerima semuanya. Karena task yg tiba tiba nambah mungkin bakal ngerubah list task yang udah rapih minggu ini untuk dikerjakan. Jangan cuma gara gara satu task nambah malah bikin kacau semua jadwal yang udah rapih. (Balik lagi ke point no 1, mana yang kamu prioritaskan)

7. Delegation

Delegasi ini juga penting saat terjadi keadaan darurat atau genting. Misalkan dalam satu waktu kamu harus antar orangtua ke rumah sakit, tapi disaat itu juga ada client penting yang akan datang ke kantor. well, hal ini pasti bakal bikin kamu bimbang gak karuan. Tapi kalo kamu udah mendelegasikan ke seseorang, dan orang itu paham sama kerjaan kamu dan diberikan brief dulu apa aja yang harus orang tersebut lakukan untuk client kamu, itu akan membantu. Simplenya menitipkan pekerjaan pada orang lain (tapi jangan memberatkan juga ya). Karena pada hakikatnya manusia hidup dimuka bumi ini tidak untuk berjalan sendiri tapi harus saling bahu membahu, right?.

So, the point is the discipline of time management helps us to become great people with effectively time.

Thankyou GITS Indonesia, thankyou Mas Adam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEST KERJA

PENGALAMAN HSG & BIAYANYA DI SAM MARIE JAKARTA

CERPEN [Takdir yang tak bisa Diubah]