PELAJARAN HIDUP, HIKMAH DISETIAP KEJADIAN

Sumber : Canva

Bismillahirrohmanirrohim,

Hi Guys,,,
Semua yang terjadi pada diri kita pasti ada skenario Allah, ada takdir Allah, memang hidup itu pilihan dan apapun yang kita pilih Allah sudah tahu dan pasti tahu, pembahasan takdir sendiri juga cukup panjang, dan aku pun belum sampe bab takdir belajarnya belum sampe detail. 

Kamu pilih beriman ataupun enggak itu pilihan kamu bukan sebuah takdir yang Allah paksakan, di usia 4 bulan kandungan saat ruh ditiupkan tentunya kita tidak ingat pernah berjanji pada Allah, intinya kalo kamu mau masuk surga ya ikuti syarat syarat / langkah langkah masuk surga itu gimana, kriteria menjadi calon penghuni surga itu seperti apa, yang pasti kita harus menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya.

Mau Curhaaaaaat deh,,,
Tuesday 9 Mei 2017

Sudah seminggu lalu saya mengajukan cuti ke kantor untuk mengikuti Edukasi Keuangan bagi perempuan dan pelaku UMKM dengan tema diskusi “Cerdas Kelola Uang Kunci Keluarga Sejahtera” penyelenggaranya itu OJK, Jadi dari Komunitas Hijaber dapet undangan langsung dari OJK dan di grup line HCB (Hijaber Community Bandung) di share mengenai acara tersebut, langsung deh daftar. 

Temanya bikin menarik untuk ikut dan memang lagi butuh juga edukasi keuangan karena pengen fokus lagi bisnis makanya interest banget untuk ikutan, sebetulnya kalo udah pernah jalani bisnis jangan pernah berhenti walaupun lagi turun/melempem disitulah kita harus berinovasi produk, tapi salah saya waktu itu pas lagi melempem dan di akhir semester jadinya pilih fokus dulu skripsi, karena emang agak susah bagi waktunya, pagi kuliah, sorenya ambil produksian ke supplier, lalu bawa pulang, packing dan QC dirumah, belum lagi bales chat customer sampe larut malem, besok paginya bawa packing orderan ke JNE, kalo JNE belum buka barang 1 keresek gede pun dibawa dulu ke kelas, nah pas istirahat/ jam pulang kirim ke JNE. Belum punya admin, belum punya karyawan yang bisa bantu juga waktu itu, yang bantu itu ya keluarga My mom dan temen aku. 

Nah kalo udah bisnis trus berhenti gini malah kalau mau mulai lagi itu seperti dari 0 lagi huhu. but jangan pernah menyerah, yuk bangkit coba lagi.

[Lanjut] Nah dapet deh izin cuti untuk ikut acara tersebut (thanks My Boss), minggu ini tuh gak enak juga sebenernya cutinya hari selasa kan nanggung kamis tanggal merah juga jadi banyak hari kejepit gitu, acaranya di Bandung dan penempatan kerja aku kan di Jakarta, banyak jadwal meeting pula full dari tanggal 8 – 12 Mei tuh huhu.

Finally Mas Ray ngizinin seminggu di Bandung deh pkoknya dengan diskusi dulu sih, tadinya kalo emang urgent harus meeting banget ya mau gimana lagi berarti harus PP Bandung Jakarta (emang udah pernah dan udah biasa juga meeting PP dulu pas masih kerjanya di Bandung, kalo udah terbiasa mah Bandung Jakarta tuh deket banget rasanya.

ya sama kya kamu klo terbiasa sama aku kan jadinya dekat dihati ea ea ea ea *inget yah setelah halal hey boleh saling memiliki hati hehe).

Senin pun aku kerja di Bandung, nah hari selasa hari ini terjadilah suatu peristiwa jeng jeng jeng *duaaarrr* (ada backsound petir ceritanya) biar semakin seru ceritanya…

Karena emang udah excited banget ikutan acara OJK, pagi pagi langsung siap siap dong mau berangkat, tapi cuma sempet minum susu doang, gak sempet sarapan :P, hepiiiii banget kalo dimeja ada susu putih tuh apalagi si mamah yang buatin *manja Nis* pasti langsung ngomong “asiiik ada susu, buat aku yah?” trus nyium si mamah sambil bilang mamah cantik makasih makasih I love you. Udah siap, pamit, langsung berangkat.

Pas nyampe lokasi (Hotel Arya Duta) tuh aku mulai curiga, perasaan gak banyak liat teteh teteh hijaber gitu kan, nah untung pas diparkiran ketemu lah sama seorang teteh hijaber gitu, trus aku tanyain deh “mau ke acara OJK itu ya teh?” dia jawab iyah, oh yaudah hayuk atuh bareng, aku masih berpikiran aman lah ya bener berarti acaranya disini. Pas masuk ke Ballroom, beneran emang sepi (gak banyak para hijaber tuh) 

Cuma ada si teteh yang tadi bareng aku dan 2 orang ibu ibu, daaaaaaaaannn dari pihak hotelnya bilang dong kalo acara yang OJK itu diundur jadi tanggal 17 Mei (dalem hati “Sumpeeh lo? Serius lo? Ga boong? Demi apa?” ah lebay sinetron banget, abaikan) trus aku cek grup line dong, biasa deh kalo grup line gitu suka pada kelelep, dan ternyata emang udah diumumkan di grup pas tengah malem kalo acaranya diundur, ya Allah tuh kan Anis sih gak teliti ya gak cek grup dulu pagi pagi huhu mana lagi pilek (ari tinggal di Bandung geura si Anis mah, tapi alergi sama dingin, makanya pagi pagi teh pilek aja, kalo kata dokter mah harus tinggal di swedia ceunah, aya aya wae si dokter mah :D).

Yaudah deh diem dulu di lobby sambil istirahat, cape dong rumah aku mah kan jauh, dateng kesitu pagi pagi tuh butuh perjuangan. Disitu ngobrol ngobrol aja sama si ibu ibu itu dan saling tukeran kontak, ternyata malah membuka peluang sih kalo menurut aku, pas aku bilang lagi mulai bisnis gamis set syari gitu, trus ibu ibunya malah ngasih tau ada IPEMI gitu (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) dan lain lain untuk bisa support bisnis gitu, malah makin tertarik kan (Alhamdulillah ya Allah gak sia sia dateng kesini pagi dan walau acara dibatalin, malah excited sama ibu Tri yang ngasih tau banyak info (thanks bu), next lanjut tanya tanya aja personal lewat kontaknya bismillah) si cemberut kecewa diwajah karena acaranya diundur akhirnya merekah jadi sebuah senyuman dan makin membakar semangat bisnis lagi hehe.

Aku kan laper ya belum sarapan, sekalian lewat pulang mampir dulu ke suatu tempat, aku tuh sukaaa banget sama pempek dan udah lama gak kesini juga (Pempek 10 ulu Anang) di jalan veteran, cobain deh guys kalo belum nyoba, enak. Oh iya sedihnya lagi aku tuh lupa bawa ATM, kan hotel arya duta tuh belakangnya BIP kan, tadinya sih sempet kepikiran mau main dulu, tapi karena inget gak bawa ATM gak jadi main ke BIP nya jugaaa Alhamdulillah sih jadi gak boros, klo ke mall mah pasti we ngeluarin uang atuh kan. Nah di dompet aku tuh cuma ada selembar 100,000. Buat jajan pempek mah masih bisa, tadinya mau ke suatu tempat juga ambil barang, (asa banyak plan ih Nis mau kesana kesini) iya tapi kan ga ada uang, akhirnya memutuskan langsung pulang aja emang disuruh ke PDAM juga.

Kalo udah punya plan tuh otak muter terus rasanya pengen cepet cepet dijalankan program yang dibikin di otak, jadi pas lagi mengendarai motor itu sambil mikirin ini itu, kalo gak sambil ngapalin juz amma ya sambil mikirin sesuatu, nah ini nih gak baik jadi gak fokus dijalan. Kan emang mau mulai bisnis lagi, jadi mikirin konsep gimana strateginya dan lain lain, tadinya nyampe rumah juga udah kepikiran mau photo studio buat produknya biar enak dipandang kalo untuk diposting kan punya nilai jual juga gitu, Nah teruuus kalo dimotor tuh suka gampang ngantuk, kena angin sepoi sepoi (sering loh ngantuk dijalan sambil nyetir motor tuh L, pkoknya mah tau tau udah dirumah aja nyampe gak kerasa), karena kan suka sambil mikirin ini itu yah berkhayal ini itu jadi mungkin antara masih sadar dan udah masuk alam mimpi tuh bingung bedain (ya Allah Anis bahaya banget). 

Nah pas udah sampe daerah rencong itu kerasa ngantuk, pas udah depan GPA mungkin aku udah terlelap, ga tau sih gak kerasa pokoknya udah gak sadar, mungkin udah terlelap apa gimana yah trus nubruk angkot, bener bener blank banget gak keliatan angkot di depan tuh, sepertinya sih aku gak ngerem juga jadi nabraknya keras banget, ga tau sih gak begitu sadar pokoknya kalo di depan ada angkot, sadar itu pas jatoh berasa bangun tidur tapi motor udah nimpa badan gitu, sama kaki kejepit (Alhamdulillah masih bisa sadar lagi, sebelumnya bener bener blank banget gak sadar, kalo inget ini bikin netes air mata inget mati, gimana kalo saat itu ajal menjemput gak balik sadar lagi. 

ya Allah belum banyak bekelnya, dan masih akan terus merasa kurang bekel ke akhiratnya (atulaaah takuuut), lemeeees banget aku & shock, disitu tuh banyak bapak bapak yang nolongin gitu kan, aku dibawa kepinggir, trus dikasih minum, itu masih antara sadar gak sadar (kalo kata sunda mah lulungu) trus si bapak bapak tuh pada nanyain aja, aku kan lemes dan masih shock jadi gak banyak omong, diem aja, agak pusing, ngejawab juga cuma manggut manggut iya iya sama bilang nuhun pak nuhun, soalnya aku sendiri pun bingung gitu kan ini teh kenapaaaa, pas cek HP mau coba nelp adik aku eeeehh bermasalah pula HP nya, simcard tuh gak kebaca gitu, akhirnya aku bongkar dulu HP, pindahin simcard 1 ke simcard 2 nya, nah baru bisa dapet sinyal gitu, trus aku telp adik aku memungkinkan bisa jemput apa enggak, ternyata dia lagi kerja dan posisi lagi di batu jajar, kan jauuuh banget, akhirnya adik aku nelpon temennya suruh jemput aku di rencong. 

Sambil nungguin yang jemput disitu bapak bapak bolak balik nanyain kondisi aku, (Oh iya kenapa aku gak langsung ngehubungi Papah? Iya soalnya papah aku kan kerja di Jakarta yah jadi gak bisa langsung jemput juga, kalo ngabarin ke mamah ya mamah juga gak bisa jemput malah bikin panik beliau nantinya, jadi aku nelpon adik aja sambil wanti wanti jangan report dulu ke grup family bisi riweuh ya).

“Neng coba di cek dulu itu kakinya pasti sakit yah kejepit tadi”

“Iya Pak sakit”

“Mau diurut atuh neng”

“Gak usah pak makasih nanti aja dirumah”

“buka dulu neng itu kaos kakinya di cek dulu luka gak”

“Gak usah Pak gak apa apa nanti dirumah aja”

(Lagian emang aku gak mau buka kaos kaki juga, itu disitu bapak bapak semua, kaki itu aurat juga cuuuuy, berusaha tetap jaga, aku pikir sih paling biru biru doang yah soalnya tertutup pake kaos kaki sama sepatu juga kan)


Ada seorang bapak bapak yang dari tadi tuh nungguin dan nanyain terus, aku pikir siapa ternyata si mamang angkot dong, kirain aku tuh mamang angkotnya kemana, kan aku juga masih gak ngeuh, lagian emang aku yang salah juga nubruk, ya aku pikir bapak bapak disekitar situ aja, baru ngeuh itu pas bapak bapak yang pake baju hitam bilang 

“Sok neng diurusin dulu mau gimana ini sama tukang angkot nya, bisi mau nuntut apa gimana” 

(Loh disitu aku malah bingung) 

“Sebentar Pak, ari yang ini teh bapak siapa?” (sambil nunjuk baju krem si mamang angkot, aku kya amnesia lah nanya nya wkwkwkw) 

“ini teh si mamang angkotnya Neng” 

Langsung sadar lah aku disitu 

“Eeehhh Mang tuh supir angkotnya, aduuuuh punten yah Mang saya nabrak tadi Mang, saya ngantuk” 

Trus si Mang nya malah bilang gini 

“eh iya Neng, saya yang khawatir ke Neng nya, itu gimana kakinya, Neng gpp?” 

“Iya Pak, gpp ini mah, aduh pak punten yah pak” 

“Iya Neng gpp Mang mah” 

Trus si Bapak yang baju item bilang yaudah kalo ga nuntut apa apa, ga ada lagi mah Neng sok maafan aja sekarang mah,

Si supir angkotnya langsung menjulurkan tangan mau maafan, tapi ya aku kan emang udah gak mau salaman menyentuh tangan dengan lawan jenis yah jadi saya tutup tangan aja dan minta maaf, eeeehhh si Mang nya malah ngomong gini “euleuh bageur si Neng teh anak santri yah”, senyum aja aku tuh,


Ya Allah panggilan santri tuh berat, aku mah da apa atuuuh baru hijrah ilmunya mah gak seberapa belum santri banget, orang mungkin melihat kita sholeh padahal disitu Allah sedang menutupi aib aib kita, ya Allah semoga jadi doa yah. Udah deh si supir angkot akhirnya pergi dan back to ke pekerjaan dia (tau gitu dari tadi aku bilang ke si Mang nya udah mang gpp, da baru ngeuh iiiih baru sadar, karunya si Mang angkot kejar setoran malah nungguin aku, mana aku jawabnya Cuma manggut manggut aja da masih shock lemes).

Ga tau berapa lama diem nunggu disitu, masih antara sadar gak sadar, rasanya sekejap gitu kejadiannya singkat, trus dateng lah temen adik aku jemput bawain motor aku dengan kondisi Spakbor nya potong, spion sebelah kanannya potong juga ga tau kemana ancur, berarti benturannya emang keras banget sih.

[sesampainya dirumah]

Gak langsung laporan jatoh kecelakaan, aku diem aja istirahat dulu di kursi, nah pas buka kaos kaki kageeeet doooong berdarah, luka luka merah gitu seperti kulit keiris gitu loh guys trus keliatan kulit dalemnya gitu lah, ngeri liatnya aku, pas buka kaos kaki tuh, kok nempel gitu kan, iiih pas dibuka adaaaw sakit atuh pantesan (ini tuh masih mending kali yah, gak kebayang kalo gak pak kaos kaki dan sepatu mungkin bisa lebih parah kali yah, kan kadang naik motor suka pake sandal atau flat shoes, hari ini mah pake sepatu, emang dari luarnya juga sepatunya tuh agak sobek gitu, kirain sepatunya aja kan), nah pas udah buka kaos kaki baru deh ketauan sama si mamah, euuuuhhh jatoh ya.

Pas dirumah tuh jam 1 an kurang, trus disuruh sholat dulu sama si mamah, sakit bangeeet guys pas kena air, periiih banget, sholat juga susah pas duduk setelah sujudnya huhu, nangis inget mati, malah keingetan juga nanti teraweh gimana atuh (padahal masih lama, da besok juga kering meureun ini mah udah gpp, sok lebay pisan si Anis mah), udah itu dikasih obat sama si Mamah, skip aja cerita disini mah lebay banget soalnya malu juga nangis perih banget soalnya sambil diketawain si mamah dan temen adik aku, nangis + ketawa + malu + perih, ya gitu, eeeh katanya di skip tapi diceritakan juga, ah yaudahlah gitu deh manja si Anis mah anaknya. 

Sebelumnya pernah cerita ke temen juga, aku udah lama gak nangis, takutnya hati aku mengeras, udah lama gak nangis takut jadi kurang peka gitu, takut jadi gak punya perasaan, sampe nyari video yang bikin nangis banget tuh susah paling berkaca kaca doing, eeeeeh akhirnya pecaaaaaah juga, nangis juga tuh pas lukanya diobatin mah, Alhamdulillah masih punya air mata dan masih bisa menetes banyak, kesampean juga deh tuh nangis kan.

Banyak hikmah gak yang bisa diambil dari kisah aku ini?
Jadi pas aku duduk abis kecelakaan itu dalam hati aku bilang Alhamdulillah pasti ada rencana Allah yang indah setelah ujian ini, dan atau ini teguran untuk aku yang punya dosa,, ya semoga kesakitan ini tuh jadi kifarat dosa / penggugur dosa aku di bumi.

Sakit aku ini mah gak seberapa, Cuma kesakitan didunia, coba kalo di akhirat gimana? Lebih lebih berkali kali lipat pasti, di akhirat mah kekal pula. Anggaplah ini sebuah hisab di dunia. Yuk renungkan kalo kecelakaan gitu trus gak sadar lagi gimana, bekal apa yang bisa kita bawa? 

Meninggal itu takdir, ajal menjemput juga gak akan ngabarin dulu “eh besok jam 8 pagi saya akan datang menjemput ajal kamu” enggak heeey malaikat gak akan ngabarin dulu apalagi chat dulu ngasih tau lewat whatsapp, jadi kita itu harus siap kapanpun ketika ajal akan menghampiri kita. Bukan masalah waktu saja tapi sedang apa kita saat itu? Apakah sedang beribadah atau sedang bermaksiat. Hayuuuu guys tinggalkan maksiat perbanyak ibadah untuk tempat kembali kita, akhirat itu nyata dan tempat kambali kita semua.

Penyesalan itu datangnya diakhir, kalo datengnya diawal namanya pendaftaran, yuk persiapkan diri kita. Karena kelak ketika di akhirat itu, banyak manusia yang ingin kembali ke bumi untuk bersedekah dijalan Allah, banyak orang yang menyesal. Kata siapa Anis? Sok tau banget, wahai temanku alquran sudah menjelaskan hal itu, petunjuk hidup tuh ada disitu semua. Yuk baca alquran, pelajari.

Sekian, Wassalam.

Semoga Allah selalu melindungi kita semua ya, Aamiin.

Makasih yang udah mampir yang udah mau baca kisah sepanjang ini, sebetulnya ini untuk dokumen pribadi juga mengenang kisah-kisah yang ku alami, nanti someday di usia senja mungkin aku mampir ke blog ini lagi untuk mengenang kisah hidup aku kejadian tanggal 9 Mei 2017 itu seperti ini hehe, untuk para pembaca ya semoga bisa dapet hikmahnya juga, kalo ngantuk ya jangan maksain berkendara yah, hati hati dijalan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEST KERJA

PENGALAMAN HSG & BIAYANYA DI SAM MARIE JAKARTA

CERPEN [Takdir yang tak bisa Diubah]