HATI SEBAGAI PENGENDALI PIKIRAN DAN PERBUATAN


Hi Guys, let me share you something ^_^,

Dunia ini lebih hina dari seekor bangkai kambing yang cacat, tak bernilai begitulah ungkapan Rasulullah terhadap dunia. Dunia ini tak bernilai apapun dimata Allah, Gemerlap indahnya dunia ini dapat membinasakan kita jika kita terlena dan tak tau batas dan terlalu mencintai dunia. 

Terlalu menggenggam dunia dengan erat pasti akan merasa sangat sakit ketika segala yang kita punya hilang. Padahal segala yang terjadi dalam hidup itu merupakan ujian, kamu merasakan sakit, kecewa, kehilangan, bahkan dititipkan harta berlimpah pun termasuk ujian. 

Allah kasih kamu derita untuk menguji seberapa sabar engkau menerima cobaan ini, apakah semakin sabar dan taat atau justru memberontak, mengeluh bahkan mencaci maki hidup ini tidak adil?, padahal jika engkau bersabar yang namanya ujian itu akan terlewati dengan sendirinya, waktu terus berjalan dan masalah pun akan berlalu juga, nah sekarang tinggal sikap dan hati kita yang menentukan, mau pilih sabar atau mengeluh. 

Ketika Allah kasih harta berlimpah juga termasuk ujian, menguji apakah kamu termasuk orang yang bersyukur atau termasuk yang kufur nikmat, digunakan untuk apakah harta yang kamu dapatkan itu, seharusnya ketika Allah menitipkan harta yang banyak itu merupakan kesempatan kita untuk menggunakan harta dijalan Allah dengan bersedekah dan lebih bersyukur, karena sebetulnya harta kita sesungguhnya adalah harta yang disedekahkan, kehidupan kita sebenarnya ini bukan di dunia, kehidupan yang kekal abadi menanti kita yaitu Akhirat (Kamu tinggal pilih mau di surga atau neraka jahim).

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah Subhanahu Wata’ala tidak melihat rupa dan hartamu tapi melihat hati dan amalmu” (HR. Muslim)

Untuk apa sebetulnya kita mengejar dunia terus? Mengumpulkan harta sebanyak banyaknya itu untuk apa jika hati dan amal kita sedikit, harta yang banyak belum tentu bisa menyelamatkanmu, bagi yang masih mencari harta dari yang tidak halal, ayolah taubat selagi pintu taubat ini dibuka.

Well, karena ini blog my journey, aku mau menyelipkan juga kisah kisah yang terjadi dalam hidupku yang semoga selalu bisa diambil hikmahnya yah.

Tanggal 15 Mei 2017, selepas Maghrib,
Penempatan kerja di Jakarta sudah sekitar setengah tahun di daerah tebet, lokasi kantor dengan kosan sekitar 2 KM, beberapa minggu lalu memutuskan untuk beli sepeda (memang ada temen yang menawarkan sepeda juga karena dia pindah kost dan sepedanya sudah tak terpakai) niatnya mau ngirit ongkos ya sekalian olahraga pulang pergi pakai sepeda kan mungkin bisa menyehatkan juga.

Beberapa minggu ternyata banyak kerjaan di Bandung dan sepeda di Jakarta gak sering dipake, baru dipake 2 kali pulang pergi. Hari senin 15 Mei 2017, selepas maghrib pulang kerja pake sepeda dan bodohnya tasnya itu aku taro di keranjang depan sepeda dan gak di ikat, tiba-tiba ada 2 orang pakai motor mepet ke sepeda aku, aku masih gak kepikiran kalo mereka ini jambret, aku fokus pegangin sepeda karena takut jatoh (minggu sebelumnya udah jatoh dari motor, luka kaki belum kering banget takut jatoh lagi nimpa kaki yang sakit) 

Udah gitu si jambret ambil tas depan aku, langsung aku teriak teriak “jambreeett” disitu ada beberapa orang penjual bunga dan ikut teriak, mereka kan pake motor jadi gak ke kejar, da aku mah bukan sonic si cepat (kartun dulu, anak ‘90an mah tau mungkin ya hehe)

Jalanan yang aku lewati itu sepi, biasanya jam segitu masih banyak lalu lalang motor juga tapi saat kejadian itu sepi banget, aku teriak pun di depannya gak begitu banyak orang jadi gak bisa ada yang menghadang si jambret, diujung jalan memang ada pos tempat banyak orang kumpul juga dan ramai, tapi suara teriakan aku dari ujung jalan gak kedengeran sampe ujung jalan yang rame itu.

Ya ampun shock banget, ngos ngosan emang cape goes sepeda juga ditambah teriak teriak. Nangis?? Engga dong, cuma bingung aja duh kok bisa gitu kan, lagian malu juga klo nangis berasa mirip anak ilang, kan enggak banget, udah defaultnya wanita strong sih si Anis mah, sambil nyebut Astaghfirullah Alhamdulillah dan hati aku mengobati, hati yang mengingat Allah memang terasa tenang.

Saat kejadian itu aku langsung berpikirannya “ah iya mungkin aku kurang sedekah” dan selain karena ceroboh ya mungkin memang ada dosa dosa yang pernah aku perbuat dan Allah tegur lewat cara seperti itu, lagian aku pun sadar semua yang ada di tas aku bukan milik aku, itu hanya titipan Allah, jadi kalo titipan diambil ya kita jangan marah heboh banget toh itu bukan milik kita kan, ya tau diri aja lah jadi orang mah (mikir hey!). 

Sesampenya di pos yang ramai orang, banyak yang nanyain juga, iya aku abis kejambretan bang, trus aku pinjem Hp orang yang ada disitu untuk menghubungi papa aku, soalnya aku cuma hapal nomor papa, papa ku memang kerja di Jakarta Selatan juga, kunci kosan juga keambil di tas euy bingung mau masuk rumahnya gimana (eyang kosan agak galak kalo teriak teriak depan pager bakal ganggu mereka takut juga, gak ada bel pula, hihi),

“Hallo Assalamualaikum Pah, ini teteh Pah pinjem hp orang”
“Waalaikumsalam, kenapa teh?”
“Pah tadi teteh kejambretan, tasnya diambil, dompet, HP, kunci kosan semua ilang”
“Astaghfirullahaladzim, teteh skrng dimana?”
“di Pos yang dibawah deket kosan”
“Yaudah nanti papah kesana”
“Iya Pah yaudah teteh mau pulang ke kosan nih yah, Pah tolong gantiin pulsa ke nomor ini yah yg teteh pake”

Singkat seperti itulah percakapan aku, trus aku pulang kekosan kan di gembok, lampu kamar atas pun masih gelap that’s mean temen sekamar aku belum pulang, biasanya klo lupa bawa kunci minta tolong temen aku lemparin dari atas, nah ini dia belum pulang, aku duduk dulu deh di warteg depan kosan.

“Bu Izin duduk sini yah, nunggu teman kosan juga soalnya kunci aku hilang tadi kena jambret”.

Disitu juga ngobrol ada yang pernah kejambretan juga dibawah deket pos (Busyeeet emang sering kejadian daerah sini tuh ternyata, woaaah ngeri mameeeen dunia oh dunia kejamnya). 

Adzan isya berkumandang, deket kosan ada masjid, sambil nunggu temen pulang juga yaudah ke masjid dulu aja sholat isya, sambil menenangkan diri dulu, pas sholat mulai nangis, abis sholat nangis sambil sadar diri, ya Allah aku memang gak punya apa apa semua hanya titipan engkau, aku harus mengikhlaskan semuanya, cukuplah engkau ya Allah dan agamaMu (islam) yang harusnya aku pegang. 

Banyak perbincangan hati yang mengobati, memang agama itu sangat penting pondasi diri dan terutama hati kita yang jika sering diberi siraman rohani hati pun tau kapan harus ikhlas dan sabar. Kegelisahan hati akan hilang ketika kita yakin dan pasrah sama Allah, percaya Allah sedang persiapkan hal indah setelah kejadian ini, entah itu apa tapi buah dari kesabaran dan keikhlasan kita sedang menanti, percayalah.

Abis sholat masih nunggu teman aku pulang, dan ternyata lama banget belum pada pulang juga akhirnya panggil panggil eyang dari depan pager, muncul deh eyang membukakan pager, tadinya keliatan agak kesel gitu kenapa aku gak bawa kunci, tapi pas aku bilang ilang abis kena jambret, gak keliatan begitu emosi malah mungkin iba yah (eyang emang agak darah tinggi gitu, maklum yah).

Alhamdulillah sate di sepeda mah masih nyangkut buat makan hehe, yaudah deh nyampe kosan makan sate dulu, masih terbayang kejadian jambret itu berasa sekejap aja udah, jam 9an kurang papah dateng ke kosan, yaudah disitu aku cerita tapi gak pake nangis, hoho harus nunjukin dong kalo anak papah tuh tegar abis walaupun wanita ya harus strong, udah gede udah bisa mandiri juga, soalnya kalo aku nangis pasti kan makin makin bikin khawatir orang tua juga kan, trus papa aku dateng dateng senyum sambil nanya 
“kenapa tadi teh? Kena bisa gitu? Gak hati hati yah, yaudah pelajaran aja biar lebih waspada dan hati hati” (nadanya gak pake riweuh, papah mah rada santai orangnya, kalo mamah pasti riweuh nanya ini itu, hehe biasa lah ibu ibu)

“Iya Pah, yaudah ikhlas aja mungkin teteh kurang sedekah, da itu juga titipan Allah, yaudah deh. Pah itu HP teteh yah baru lunas nyicil ke papah eeh diambil orang hehe (sambil ketawa kecil)”
“hehe iya, yaudah ntar beli lagi aja”
“nyicil lagi ke papah yah” haha :P

Ya begitulah obrolan singkatnya, abis itu langsung dateng ke polsek tebet yang gak begitu jauh juga untuk mengurus surat kehilangan.

Dari dulu zaman kuliah emang kalo mau punya HP dibeliin sih sama orangtua tapi karena aku nya yang minta HP baru ya harus ada perjuangan juga kumpulin dari uang jajan, biasanya dipotong bulanan gitu, hihi, dari dulu juga didikannya kalo aku mau sesuatu gak bisa dengan mudah langsung dikasih harus ada prestasi dulu.

Ini diterapkan dari waktu aku SD, kalo gak sholat juga uang jajan aku dipotong, kalo aku mau kotak pensil yang bagusan (ada yang tau gak kotak pensil bertingkat, zaman dulu pas SD tuh yang punya kotak pensil bertingkat tuh kece banget idaman anak anak sekolah haha) atau mau computer, atau mau HP ya harus rangking dulu disekolahnya, dan itu bener bener ngefek jadi motivasi aku, bukan berarti gak ikhlas yah harus di iming iming sesuatu tapi memang yang namanya hidup tuh harus punya motivasi dan target.

Langsung penutup aja deh yah mau siap siap kerja nih… (ngetik ini pagi sebelum berangkat kerja)

Ketika kita menghadapi masalah terkadang manusia fokusnya pada kejadian tersebut dan menyalahkan orang lain, lupa untuk mengoreksi diri, lupa dosa-dosa yang pernah diperbuat yang justru itulah sumber datangnya masalah, seharusnya fokus pada hati yang berpotensi mengatasi masalah.

Semua musibah yang terjadi mungkin bisa jadi cara Allah membersihkan dosa kita yang disadari ataupun tidak, ibaratkan seorang Ibu yang memandikan anaknya dari lumpur, kalo anaknya gak mau diem, susah dimandiin ya semakin lama juga ibu membersihkan lumpur si anak, tapi kalo anaknya nurut mau dimandiin semakin cepat pula Ibu membersihkan lumpur anak tersebut hingga ke cela cela kuku sekalipun,


Allah memberi kita musibah karena sayang, karena Allah ingin kita bersih dari dosa di dunia, ya memang lebih baik di hisab di dunia daripada hisab di akhirat yang begitu tak bisa dibayangkan kengeriannya. Koreksi hati koreksi dosa, perbanyak mohon ampunan apalagi sebentar lagi ramadhan yuk bersihkan hati persiapkan Ramadhan sebaik mungkin, saatnya general check up hati, titian taubat, berusaha semaksimal mungkin mohon ampun dan perbanyak amal ibadah, semoga kita semua bisa mendapatkan tempat yang indah di sisi Allah. 

Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEST KERJA

PENGALAMAN HSG & BIAYANYA DI SAM MARIE JAKARTA

CERPEN [Takdir yang tak bisa Diubah]