DISKUSI DENGAN ANAK MEMBENTUK POLA PIKIR

Sumber : Canva

Diskusi Dengan Anak, menerapkan aturan juga, membentuk pola pikir


Apa pendapat kalian berdiskusi dengan anak kecil? Pernahkah kalian melakukannya?

Yang belum pernah atau bahkan kurang suka anak kecil mungkin akan berpikiran, hmm sepertinya tidak ada bahasan yang menarik, membosankan atau mungkin hanya akan membahas mainan saja (ngasuh gitu yak).
Pemikiran seperti ini salah besar, kita (yang masih pada remaja gini, unyu unyu nyebelin) haha masih pengen disebut remaja, pasti someday akan menjadi orangtua juga, mungkin yang saat ini belum kepikiran menikah atau bagaimana cara mendidik anak masih santai santai aja, yang penting gue kekinian, anak gahol hitz gitu yak :P. 

Mempersiapkan juga ga ada salahnya sih, ya tapi kalo emang yang masih pada sekolah mah heeeey sekolah dulu yang bener, itu skripsi nya focus dulu biar cepet beres, cepet beres = ngurangin beban biaya ortu juga yang udah sekolahin kalian.

Suatu hari aku ajak jalan jalan adik aku (kelas 2 SD), kita ngedate bareng nonton makan (sombooong yang udah kerja bisa nraktir adik main dan jajan) gak apa sombong dikit yang penting siblings goal nya dapet :P.

Pengenalan dulu, adik aku ini dari kecil emang favoritenya robot, transformer itu favorite dia banget mulai dari film pertama sampe keberapa yaa lupa ya film terakhir itu udah hatam, ampe bosen kalo ada DVD nya dirumah, diputer ituuuu mulu (optimus prime, bumble bee), sampe kalo drama mainannya pasti robot juga. Trus film favorite selanjutnya itu Lego, udah aja kalo di TV ada si Lego pasti aja ga boleh dipindah channel walau lagi iklan, sampe dia bilang gini:

 “Teteeeeeh nanti ajak aku ke Malaysia yah?”

“Hah, Ngapain? Jauh amat”

“Aku mau ke lego land” (korban iklan, abis liat iklan susu yang kalo ngumpulin bungkusnya trus dituker dapet hadiah liburan ke Malaysia, Lego land)

Mainan Lego dirumah itu udah banyaaak banget, kadang aku kalo abis nyapuin nemu aja tuh pieces of lego nya dia, dan pasti aku kumpulin juga, klo ketauan aku sapuin bisa ngamuk dan yang pasti minta dibeliin yang baru (bisa tekor ratusan ribu juga ini mah cuma gara gara nyapuin satu potongan kecil, haha bahaya).

Otak dia creative banget juga sih, dari TK juga udah suka bikin robot dari Lego, masuk SD makin jago dan emang bagus banget robooootnya (aku mah dulu pas SD, kalo main tumpuk tumpukan Cuma bisa bikin gedung bertingkat aja, da aku mah apa atuuuh L hiks, oke jangan samakan aku dengan adik, Lanjuuut cin) Kalo ditanya cita cita dia apa? Sampe sekarang pasti jawabnya 

“aku ingin jadi professor/insinyur” 

pengen bisa bikin robot katanya, dan emang serius banget kalo udah rakit robot dan liat panduan, kalo udah bosen sama bentuknya dia bener bner bikin bentuk baru tanpa buku panduan dan hasilnya bagus jugaaaaaa (da aku mah gak bisa bikin soalnya euy).

Nah pas lagi ngedate, abis nonton bareng, trus aku ajakin makan, sebelumnya dia liat toko mainan xxxx xxxx (toko disamarkan bisi promosi) di miko mall, dia ngajakin kesitu tapi aku ajakin makan dulu soalnya pasti klo udah dapet mainannya dia bakal susah makan (biasalah bocah).

Pas Lagi makan sempat ada diskusi diantara kita dan aku pun sadar percakapan ini mungkin sepele tapi berpengaruh besar bagi anak kecil, dia ngobrol:
“Teteh, abis beres makan ini jadi yah liat liat mainannya”

“Iyah, Jadi dong, tapi diabisin dulu ya semuanya”

“Yaaah kenyang teh” (nasi di piring dia masih ada setengahnya dan lauknya juga masih banyak)

“Enggak ah kalo gak abis ga jadi liat liatnya ya”

“iyah iyah aku abisin teh, eh tapi beliin aku mainan ya”

“Gak mau ah, gak ada uangnya kalo beli mainan”

“teteh kan banyak uangnya”

“Iya tapi kan uangnya bukan untuk mainan aja, banyak kebutuhan lainnya, uangnya kan tadi udah dipake nonton, terus ini makan juga kan pake uang” (bukan itung itungan, tapi biar dia memahami nyari uang itu susah cuy, aku aja harus ke Jakarta nyari sesuap nasi tuh, perih hidup mah perih, uang tuh bukan buah yang tinggal dipetik, eeeeh tapi bisa aja sih kalo bikin bisnis sendiri terus mantep sukses, bikin pohon uang dari running bisnis yang udah banyak karyawannya (aamin))

“Teh atulah beliin aja satu, minimal berapa deh dari teteh ngasihnya” (mulai mulai merayu ini si bocah)

“Hmmmm 20ribu deh gimana, dibeliin kalo segitu” (secara gitu udah tau harga lego yang biasa dia mau ratusan, atuh tekor, buat bayar kosan gimana :P)

“Hah? 20ribu? Gak cukup atuh teteeeeh” (Ya Allah ini bocah udah ngerti mainan dia mahal)

“Kan janjinya tadi liat liat aja gak akan beli, lagian mainan dirumah udah banyak, kalo mau beli mainan lagi lego yang dirumah jual makanya atau gak kasihin aja”

“Ya mending dijual aja teh biar aku dapet uang buat beli lego baru” (mulai mikir dia)
Pokoknya guys mulai dari diskusi ini tuh ada negosiasi minta dibeliin mainan, sampe akhirnya aku bilang gini,

“Yaudah deh gini, itu kalo salad, sup nya diabisin juga oke deh teteh beliin mainannya”

“Asiiiik beneran?? Yes yes yes” (Udaaaah tau aku mah itu salad sama sup pasti susah ga akan dia makan, tapi kalo emang bner abis semua big applause deh emang bakal beneran aku beliin)

“yaudah abisin tuh”
Singkat cerita….

“Tetehhh aku kenyaaang, gak kuat, saladnya gak usah yah”

“Yaudah, supnya diabisin yah, kalo Cuma nasi sama lauknya aja kita ke toko mainan Cuma liat liat aja yah janji okey, gak beli”

“Yaaah gak mau" (masih berusaha makan supnya)

“Eh teteh, gini deh, aku gak usah makan supnya yah, aku makan nasi sama lauknya ini aja ya, kan aku punya tabungan dirumah, jadi beli mainan pake uang teteh dulu aja, nanti dirumah aku ganti”

“Weiiiss gaya, punya uang berapa gitu tabungan dirumah, emang cukup?”

“Cukup teh, ada didompet aku banyak”

“Kalo gak cukup gimana? Kan udah teteh beliin nanti mainannya, hayooooh”

“Ya kalo gak cukup nanti uangnya yang kurang aku bayar ke teteh” (Buseeeet udah ngerti nyicil ni bocah tengil, bahayaaaaaa)

“Eiiiitsss Enggak boleh (langsung aku nyaut), Emang agil punya uang darimana? Kan itu uang jajan juga, kamu belum kerja masa udah mau nyicil. Gak baik ah ntar kebiasaan, kalo kya gitu artinya hutang, hutang tuh gak baik, artinya agil belum mampu beli sesuatu tapi maksain beli, apalagi buat mainan. Terus hutang itu kan nanti ditagih diakhirat kalo gak dibayar, berat soalnya gil kalo masalah utang,, gak mau adik teteh kebiasaan gitu ah” (ternyata dia ngerti, trus jawab)

“Yaudah gini teh, kalo misalkan uang aku kurang, lego yang udah teteh beli, pegang dulu aja sama teteh, jangan kasihkan ke aku, sama teteh bawa aja ke Jakarta, nanti aku ngumpulin uang lagi, kalo udah cukup nanti aku bayar ke teteh buat legonya” (Wow wow ini anak udah pinter yaaa mikirnya, sekarang udah tau jaminan aja, yaampun gil gil, emang ternyata sangat perlu loh diskusi sama anak kecil biar kita tau pemikiran dia kemana dan kalo salah bisa kita arahkan gitu kan)

“Yeee sama aja, kalo gitu sih ga usah teteh beli dulu aja, kamu nabung nanti kalo udah ada uangnya baru kita kesini lagi beli mainannya yah”

Dia pun bingung karena emang pengen banget,,,
Sampe akhirnya aku bilang gini, yaudah kita liat liat dulu aja, kalo harganya mahal gak usah beli yah.

(Selesai Makan, Kita Pergi ke Toko Mainan tersebut)

Singkat cerita dia langsung pilih mainan sesuai prediksi aku kan diatas seratus -_-
Trus dia keukeuh bilang, janji teh diganti pake uang aku dirumah, ada segitu mah cukup dia bilang, ada sedikit perdebatan antara aku dan dia, tapi akhirnya aku beliin juga dengan kesepakatan kalo udah main lego diberesin lagi sendiri yah, dia sepakat iya.

Daaaaaaan ternyata sesampainya dirumah beneran dong dia buka dompet dia dan dia hitung trus dia kasih ke aku uangnya, memang ada 150ribu lebih, trus dia kasih (gak tega sih sebenernya, pengen ngasih aja) tapi harus tegas biar dia juga komitmen sama ucapan dia, trus dia nyodorin 127.500, “teteeeh ini aku bayar buat Lego” (terharu sih sama bangga juga ini adik aku komitmen sama ucapan dia, biar dia juga belajar bertanggungjawab sama pilihan dia beli mainan), Bukannya pelit gak mau beliin ya biar dia tuh menghargai uang.

“Weiiis uangnya banyak, yaudah deh 100.000 aja yah gil, ini juga teteh buat bayar ke mamah tadi pinjem” (eeeeh tetehnya malah ngutang ke mamah, jadi maluuu, iya yang penting di bayar yah harus, wajib!!)


Jadi gitu guys, buat orangtua yang kurang diskusi sama anakanya, tolonglah luangkan waktu untuk ngobrol gitu sama anaknya, atau mungkin dia ada problem tapi bingung mau cerita karena emang jarang komunikasi jadi segan, kan bahaya juga ini kasian ke anaknya kalo kitanya aja ternyata gak pendekatan sama dia, bukan karena si an aknya emang pendiem, mungkin aja dari orangtuanya yang kurang memahami dan kurang dekat sama anak.

So so an yaahh share yang begini padahal bukan seorang ibu juga, ya calon ibu lah someday hehe.

Belajar parenting dari sekarang juga gak salah keles yah, kalo tiba tiba ada yang datang ngelamar kan setidaknya udah siap juga secara teori, walaupun mungkin dalam praktiknya ketika menjadi ibu dan berumah tangga itu pasti akan terus belajar dan belajar, biasa deh teori itu susah kalo untuk di praktikan juga ya jadi perlu ketangkasan dan kecerdikan kitanya memahami dan mengendalikan situasi dan kondisi (berasa blog psikologi yaaa).

Padahal secara pribadi pun ya belum banyak ilmu parentingnya, tapi kalo sekarang banyak yah seminar ibu professional gitu, jadi bagi ibu ibu bisa ikutan seminar seperti itu, nah kenapa sih anak  juga perlu belajar, ya usia 22 tahun ke atas lah ya yang udah pada lulus kuliah,  penting juga sih mumpung masih sempet karena sebetulnya kalo udah beneran jadi ibu dan punya anak baby bakal susah ikutan yang gini, ribet juga bawa si baby yang mungkin rewel dan malah mengganggu focus juga kalo diajak dan bahkan bisa ganggu peserta lain juga. Ya intinya sih gak ada salahnya mempersiapkan dari sekarang gitu kan, bukankah keinginan semua orang juga yah hidup bahagia punya pasangan halal dan samawa dunia akhirat? (aamiin)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEST KERJA

PENGALAMAN HSG & BIAYANYA DI SAM MARIE JAKARTA

CERPEN [Takdir yang tak bisa Diubah]