TIPE-TIPE PENDOSA

Sumber : Canva

Assalamualaikum wr wb,

Hello Temen-temen,
Membahas proses hijrah itu setiap orang berbeda-beda, hidayah yang diterima seseorang pun berbeda beda caranya, tapi Allah selalu memberikan cara yang indah, Nah tinggal kitanya yang mau atau tidak menerima hidayah itu?. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara, dan dunia itu gak ada apa apanya, dunia itu tak bernilai, sesungguhnya apa yang ada di sisi Allah itu sangat luar biasa baik.

Tapi, kenapa yah masih meratapi dunia, masih menangisi dunia, masih iri sama dunia, masih silau akan keindahan dunia, padahal keindahan dunia dan kebahagiaan dunia itu bisa saja menyesatkan kita, hati hati loh yah. makanya kalo bersenang-senang juga harus ada batasnya janga lupa bersyukur, jangan lupa sama Allah. tapi kebanyakan dari kita lupa sama Allah kalo dikasih kebahagiaan (saya sendiri juga termasuk #SelfReminder).
.
Manusia diberikan wajah cantik, tampan, diberi harta berlimpah, inget hey itu semua tuh titipan Allah, bukan milik kita sepenuhnya, karena jika atas kuasa Allah maka bisa dalam hitungan jam aja harta itu bisa lenyap jika Allah sudah berkehendak, kecantikan pun bisa diambil juga misalkan tiba tiba kesiram air panas gitu kan (naudzubillah) intinya sih kita itu harus selalu bersyukur yah, jangan kufur nikmat.
.
Membahas dunia, pasti tidak terlepas dari yang namanya ujian, nah kenapa ya harus ada ujian, kenapa begini kenapa begitu, pastinya selalu aja ada banyak pertanyaan tentang hidup di dunia ini tuh yah. Setiap orang yang hidup itu pasti punya masalah, dan masalah itu diciptakan untuk meningkatkan kualitas hidup, dan kita harus yakin ketika masalah itu menimpa diri kita, artinya Allah percaya bahwa hanya kita yang bisa menyelesaikan masalah ini, karena Allah memberikan ujian sesuai kemampuan hambanya. 

Jadi jangan sampe bilang "aaahhh gak adil ujian ini terlalu berat, kenapa menimpa saya", padahal jika kita tahu setelah kesulitan itu selalu ada kemudahan dan akan ada keindahan selanjutnya yang menanti kita, jadi yang perlu kita lakukan yaitu bersabar. lebih bagus lagi kalo dapet musibah berucap alhamdulillah, karena kita tau rencana selanjutnya itu ada keindahan yang menanti kita.
.
Dunia - ujian - dosa - surga - neraka, hmmm ya itu semua saling berkaitan, pasti semuanya berharap ingin masuk surga, tapi surga itu mahal guys, gak mudah masuk surga tuh banyak ujian yang harus di lalui, jika lulus ujian nya ya masuk surga (aamiin) kalo engga? ya ke neraka (naudzubillah).
karena ujian itu berat sekali banyak orang yang di dunia itu hanya bersenang senang, menumpuk dosa dan jika diberi peringatan pun gak mau denger gitu kan, ada orang yang kya gitu?? Iyaa ada, banyaaaak. (bukan ngerasa diri udah paling bersih, suci, dan tanpa dosa juga ini, masih terus belajar dan memperbaiki diri) ya namanya manusia pasti emang banyak khilaf maka dari itu harus sama sama ingetin untuk hal baik untuk selalu berada di jalan Allah.

Tipe-Tipe Pendosa


1. Orang yang meremehkan Dosa
Orang yang seperti ini cenderung tidak mau bertaubat, padahal dosa yang disepelekan justru dapat membinasakan. Coba pikir, seseorang terjatuh karena kepeleset dan itu disebabkan karena kerikil kerikil kecil yang terinjak, padahal kerikil itu kecil loh, tapi bisa membuat terjatuh, sakit. jadi intinya gak boleh menyepelekan hal kecil apalagi terhadap dosa. :((

2. Orang yang berdosa dan menangguhkan taubatnya (taubatnya dinanti-nanti)
Orang yang seperti ini sadar kalau dia berbuat salah, berbuat dosa tapi masih berpikiran nanti aja ah taubatnya, nanti aja deh mumpung masih muda, padahal syarat mati itu, tidak harus tua. banyak juga kok yang meninggal di usia yang masih muda. dan tipe pendosa yang seperti ini pasti akan menyesal ketika ajal menjemput duluan tapi belum sempat bertaubat.

Sebagaimana pada surat Al-Munafiqun ayat 9 -10

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ
Artinya: Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi (9)

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ
Artinya: Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?"

Tuuuh temen-temen jangan sampe menyesal, mumpung masih ada waktu, ayo bertaubat, bersedekah, jangan sampe menjadi orang orang yang menyesal nanti.

Hayu ah temen-temen jangan meremehkan dosa dan jangan menanti nanti taubat, kalau udah sadar berdosa, berbuat salah, ayo segera mohon ampunan kepada Allah, gak rugi kok, dan gak susah juga, apa susahnya coba langsung berdoa mohon ampun, susah itu ketika ada kesombongan di hati sampe gak mau mohon ampun sama Allah, padahal Allah selalu mengampuni, Allah maha pengasih maha penyayang, cuma kitanya aja yang gak mau disayang Allah kali ya. Tidak akan masuk surga seseorang yang ada kesombongan dihatinya (Naudzubillah, semoga kita tidak termasuk kedalam golongan orang orang yang sombong).
Betapa indahnya air mata yang kita teteskan itu karena dosa-dosa karena sadar atas kesalahan kita, dan meohon ampunan Allah, karena menangis juga akan mendatangkan cinta Allah,
Menangis yang seperti apa sih yang mendatangkan cintanya Allah?
1. Menangis karena ingat dosa-dosa
2. Menangis karena belum banyak bersyukur
3. Menangis untuk mohon ampun pada Allah.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEST KERJA

PENGALAMAN HSG & BIAYANYA DI SAM MARIE JAKARTA

CERPEN [Takdir yang tak bisa Diubah]