(PART 1) Hijrah - 7 kali pertemuan langsung Khitbah

(PART 1) Hijrah Membawa Berkah Mempermudah Menikah



Niat Menikah Lillah, dipertemukan dengan jodoh mudah,

Bismillahirrohmanirrohim….


Alhamdulillah Alhamdulillah, rasanya ingin aku kisahkan lengkap disini,
Hari ini 15 November 2017, H-12 menuju pernikahan?
Hah??? Apah? Nikah Nis? Serius mau nikah?
Iyaaaaaa,,, Duh ga nyangka, ko tiba tiba Nis? Iya aku sendiri pun engga nyangka, dan waktu cepat berlalu sekali, rasanya aku masih baru kenal kemarin deh vendor dan client di sebuah meeting kerjaan.

Hmmm dari mana dulu ya kisahnya,..
Bermula dari ketika aku masih menjadi Ratu Galau, wajar dan kebanyakan wanita galau akan jodohnya, bukan? Ditambah usia yang semakin mendekati 25 membuat sebagian kaum hawa was was dan sudah memikirkan jodohnya siapa, betul gak? Terkadang salahnya kaum hawa adalah banyak update status kegalauan dan #kodekeras aku kapan?? Aku kapan?? Ketika dapet undangan dari teman temannya, bukannya malah mempersiapkan diri, loh emang Anis sendiri udah siap???
Jadi ceritanya, akhir tahun 2016, saya dipindahkan kerja ke Jakarta, masih jadi AE (Account Executive) di sebuah perusahaan IT, mobile developer. Saya yang belum pernah jadi anak rantau keluar kota punya niat dan bertekad ketika dipindah ke Jakarta yang notabene anak anaknya tukang nongkrong dan gaul Karena banyak café, mall, dan tempat hiburan lainnya, saya berniat tidak mau mengikuti pergaulan anak muda “zaman Now” titik. Nah, Alhamdulillah Allah memang selalu tau kebutuhan hambanya, saya dipertemukan dengan teman kantor yang masyaAllah syar’i banget, ke kantor pake hijab yang panjang dan lebar, MasyaAllah, memang terbesit dalam hati dari dulu ketika melihat wanita wanita yang tertutup auratnya dengan jilbab lebar, selalu hati berbicara “kapan ya aku? Someday Aku mau seperti mereka”, tapi kerjaan dulu masih galau mulu, tobat kagak, ngaji kagak.
Dan ternyata malah menjadi sahabat, Saya menganggap kakak sendiri, abisnya baik banget, saya kan anak kos, teteh tinggal di Depok, tiap pagi Saya dibekelin sarapan sama teteh, roti, kue, nasi, ah dikasih mulu cemilan ama teteh mah baik banget deh pokoknya. Hingga Saya bisa berubah, salah satu faktornya ya karena dekat dengan teteh ini. Tiap hari aku dikasih kajian terus sama teteh dari youtube atau video video ceramah ustadz. Anis dengerin deh ini, pinter ustadz nya, ini materinya bagus. Dulu Karena ga pernah kajian ya gitu, ga tau ustadz ini dan itu taunya ustadz yang nongol di TV doang. Akhirnya teteh kasih tau, ini ustadz Adi Hidayat, Ini Ustadz Khalid Basalamah, ini ustadz Syafieq Riza Basalamah, Ini Ustadz Subhan Bawazier, Ini Ustadz Oemar Mita, dll
Seiring berjalannya waktu, yang dulunya tiap ada kajian atau denger ceramah masuk kuping kanan keluar kuping kiri sekarang mulai merasuki hati yang gersang. Mulai diresapi, bahkan sadar ataupun tidak disadari sangat membawa dampak perubahan pada diri ini, dan Alhamdulillah menyadarkan diri bahwa selama ini lalai banget dan terlalu cuek untuk bekal diri ke akhirat, yang dikerjakan hanya wajib saja itu pun sangat jauh dari kesempurnaan, Sunnah ditinggalkan, dan banyak sekali pelajaran agama yang terabaikan.
Dulu, pas dateng ke Jakarta masih pakai jilbab yang dililit dileher puter sana puter sini hehe, lama kelamaan mulai memanjang dan menutupi dada, dan  beberapa bulan kemudian udah gak mau pake celana, maunya pake rok aja, dan mulai membeli gamis gamis. Dari dulu emang kurang anggun anaknya males pake rok, paling klo pake rok kalo ke sekolah aja.
Nah pas di Jakarta juga, balik ke Bandung 2 minggu sekali, niat hijrah lillahita’ala, saya pikir sebaiknya saya mencari teman teman sholeha, mulailah mencari kegiatan kajian di Jakarta, follow akun muslimah di Jakarta dan coba chat chat adminnya biar dapet info dan punya teman baru yang bisa terus mengingatkan untuk ibadah sesuai Quran Sunnah, dan Alhamdulillah dipertemukan dengan teman sholeha yang asal dari Medan namun merantau ke Jakarta, MasyaAllah baik sekali dan alhamdulillah sampai sekarang masih keep contact, beberapa kali kita ketemuan dan sharing agama.

Singkat cerita….

(Anyway ini baru mulai lagi nerusin nulis kisahnya dan sekarang H-2 Pernikahan Guys) lagi nano nano gini perasaannya, oke back to topic.

Seperti biasa, kerjaan di Jakarta meeting sana sini ketemu client, muter muter Jakarta yang so pasti melelahkan karena macetos.
Ketika dalam proses hijrah saya sudah mulai merubah mindset untuk tidak mau pacaran lagi, Taubat ya Allah, Saya hanya ingin berharap dan bergantung kepadaMu ya Rabb bukan kepada Manusia yang hanya mendatangkan kekecewaan, bagi kalian yang baca ini sekarang dan masih pacaran, coba deh tanya sama diri kalian sejujurnya, di hati kalian ada siapa? Ada Allah apa Dia dominan?, Oke sih Sholat kalian jalankan, kewajiban ibadah dikerjakan tapi ketika Dia menyakiti ataupun bertindak yang tak mengenakan hati mengapa sering kali kau merasa kecewa dan bersedih teramat dalam hingga seolah tersayat hati, ada apa gerangan? Patutkah kita mengharapkan orang yang tidak halal untuk kita saat ini??? (Silahkan jawab sendiri, hati nurani pasti tau kok).
Nah, mulai dari situ pun seringkali dengar ceramah dan bahasan mengenai tidak boleh bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mahram, dari situ mulai mencoba mengamalkan, setiap meeting ketemu client udah gak mau jabat tangan sentuhan lagi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لأَنْ يُطْعَنَ فِي رَأْسِ رَجُلٍ بِمِخْيَطٍ مِنْ حَدِيدٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَمَسَّ امْرَأَةً لا تَحِلُّ لَهُ
Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya.” (HR. Thobroni dalam Mu’jam Al Kabir 20: 211. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).


Pada pertengahan bulan Desember 2016…

Seperti biasa ada email masuk dari client untuk meeting dari PT HPS, meeting pun berjalan seperti biasa dan alhamdulillah lancar, Karena udah masuk libur akhir tahun, meeting pun berlanjut pada bulan January 2017 membahas kelanjutan project, ada 3 kali pertemuan meeting untuk negosiasi, survey company dan contract. Nah pada meeting kerjaan ini lah yang mempertemukan Saya dengan si Calon, yang sebentar lagi jadi suami, namanya Naufal M Herwandi.
Saya bertemu dengan Dia hanya 4 kali untuk meeting kerjaan, dulu masih panggilannya Mas, Mbak, Ibu / Bapak, 

lalu pada tanggal 19 April 2017, malam hari Henpon ku tiba tiba berdering ada chat masuk, rupanya dari client, tapi kok isinya beda ya…. Bahasannya serius.
Assalamualaikum Mbak Anis, maaf aku sampein via WA…
Setelah Saya jawab dengan perasaan mulai curiga, lalu mulai lah Dia to the point, udah ada yang melawar belum Mbak, atau ta’aruf gitu.
Perasaan saat itu campur aduk, bingung dan sebagainya, Karena jujur memang dalam setiap doa selalu terselip minta jodoh sama Allah yang sholeh, baik akhlaknya, mengerti agama dan mengamalkannya dan bisa membimbing untuk menuju jalan ke Surga bersama gitu, nah lalu ada yang ngajak ta’aruf gini semoga menjadi satu bentuk ikhtiar. Pas Dia udah to the point gitu, deg degan bingung juga jadinya, Hah?? Serius ini?? Aduuuh ya Allah aku mesti jawab apa, ada yang ngajak Taaruf ini, client pula. Waktu itu gak langsung aku bales, padahal udah di read, Karena bingung, pas udah masuk waktu isya, aku taro henponnya, akhirnya sholat dulu dan berdoa sama minta ditenangin hatinya, dari awal itu pun Saya minta sama Allah jika memang bukan yang terbaik mohon persulit dan jauhkan, namun jika memang jodohnya dan terbaik mohon dimudahkan. Lalu Saya bales dan menyetujui untuk menjalankan proses Taaruf. Bersambung...

Woaaaah gak kerasa nih udah masuk 3 lembar di Word hahaha, bersambung yaaa lanjut Part 2… see you

Atau silahkan klik link berikut untuk lanjut part 2


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEST KERJA

PENGALAMAN HSG & BIAYANYA DI SAM MARIE JAKARTA

CERPEN [Takdir yang tak bisa Diubah]