TEMUI AKU DI TELAGA

Sumber : Canva

Assalamualaikum wr wb

Hallo temen-temen, alhamdulillah di akhir tahun masih bisa ikut berkumpul di masjid Al ukhuwah Bandung, MasyaAllah orang yang hadir sangaaat banyak, padahal perjalanan menuju kesini cukup jauh, kurang lebih 25 kilo dari rumah ana ke tempat ini, InsyaAllah dicatat sebagai niat untuk mencari ilmu, untuk menambah ke istiqomahan, sekarang ana lagi belajar, cari ilmu juga, bismillah semoga bisa mengamalkan sunnah Sunnah juga, Karena di masa saat ini orang yang memegang ajaran dan Sunnah Rasulullah Sholallahu Alaihi wassalam itu bagaikan menggenggam bara api, di zaman saat ini yang begitu banyaknya fitnah dunia, naudzubillah.

Today, ana mau sharing sama antum semua ceramah ustadz Syafieq bin Riza Basalamah,

31 Desember 2016
Bismillahirrohmanirrohim,

Telaga? Telaga apa yah ini maksudnya? Ada yang langsung tau telaga apa yang dimaksud saat baca judulnya?, MasyaAllah Alhamdulillah kalo antum semua udah pada tau, bagi yang belum tau mungkin bisa baca tulisan ana sampai selesai yah.

Wait sebelum itu kita bahas dulu kebiasaan orang orang di akhir tahun, kenapa masih aja ada umat islam yang merayakan malam tahun baru?, padahal jelas itu bukan ajaran dan Sunnah Rasul.
Afwan, dulu juga saya masih begitu, sering bakar bakaran, nunggu kembang api dan lain lain astaghfirullah, perbuatan yang sangat sia sia, semoga Allah mengampuni dosa dosa hamba yang lalu, begitupun dosa-dosa antum yah, yuk hijrah dan amalkan Sunnah.

Baca surah At-taubah ayat 36, yang artinya “sesungguhnya jumlah bulan muenurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram, itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya, sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang taqwa”

4 bulan yang diharamkan menzalimi itu pada bulan Rajab, dzulqoadah, dzulhijjah, Muharram.
Namun bukan berarti bulan bulan yang lainnya boleh untuk menzalimi, bukan, tapi dianjurkan untuk lebih baik lagi, lebih memperbaiki diri, amalkan Sunnah Sunnah Rasul. Seperti Sunnah puasa dan lainnya.

Sedih ya sebetulnya di akhir taun ini masih banyak mendengar suara kembang api dar der dor, padahal di Aleppo setiap hari mereka mendengar suara ledakan seperti itu dan mereka melihat keluarganya sendiri hancur, L astaghfirullahaladzim dan umat muslim saudaranya sendiri malah merayakan. Yuk jangan lupa selipkan doa disetiap sholat kita untuk mereka yaaa temen temen.

Lanjut lagi ke isi ceramah ustadz,
Ada satu kunci yaitu  beriman dan bertaqwa,
Jika penduduk bumi beriman dan bertaqwa, niscaya Allah akan bukakan rezeki dari langit dan bumi, jika ingin damai dan tenteram maka hindari larangan Allah dan dekati Allah Subhanahu wa taala.
Ada yang tahu luasnya pintu surga???

Luasnya pintu surga itu antara mekkah dan hajjar ± 1000 KM, MasyaAllah.
Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa memasuki pintu surga yah guys, Amiin yra.

Karena Rasulullah Sholallahu alaihi wassalam merindukan kita, merindukan orang orang yang menjalankan sunnahnya, merindukan orang-orang yang mencintai beliau padahal belum pernah sekalipun bertemu bahkan melihat wajah Rasulullah Sholallahu alaihi wassalam, nanti ada satu kaum yang bisa memasuki pintu surga yang tanpa hisab dan ada pula yang harus melewati hisab.

Ajaran yang diajarkan Rasulullah tidak pernah memberatkan umatnya, pernah suatu ketika Rasul pernah menjama’ sholat maghrib dan isya padahal tidak sedang bepergian, takut, atau hujan, tapi beliau melakukannya, lalu para sahabat bertanya kenapa Rasul melakukan itu, beliau lalu menjawab, untuk menunjukkan bahwa sholat itu tidak memberatkan umatnya (Baca hadits shohih muslim). dapet juga penjelasan lebih detail di blog ini coba di klik ini

Perjalanan akhirat sangatlah panjang, kita membutuhkan bekal untuk perjalanan itu.

Ketika semua orang berada di padang Masyar, tatkala belum ada hisab, mereka akan kebingungan, ketakutan dan ingin meminta pertolongan agar Allah mengampuni segala dosa, mereka menjumpai Nabi Adam, namun Nabi Adam tidak bisa menolong, mereka menemui Nabi Nuh namun tidak bisa menolong, mereka menemui Nabi Ibrahim, Nabi Musa dan Nabi Isa yang sama pula tidak dapat memberikan syafaat. Maka inilah syafaat yang akan diberikan oleh Rasulullah kepada umatnya syafaat untuk membantu menolong dan memohonkan ampunan Allah untuk umatnya.

Allah akan menyuruh Rasul memasukkan umatnya yang tanpa hisab (Hadist Bukhari).
Mengapa Nabi yang lain tidak dapat memberikan syafaat? Karena doa para Nabi telah Allah kabulkan di dunia, dan hanya doa Rasulullah yang masih disembunyikan yaitu meminta syafaat untuk para umatnya di akhirat nanti.

Rasul Menanti di Telaga


Rasulullah menanti kita di telaga, ketika manusia keluar dari kubur menuju ke padang Masyar, semua akan tergantung amalnya, pada saat itu matahari mendekat dan semua manusia berkeringat dan kehausan, mereka akan berjalan ke telaga, dimana di telaga itu Rasulullah menunggu umatnya. dari telaga tersebut, manusia akan berjalan menuju mizan, lalu ke shirat. Perjalanan menuju shirat sangat jauh dan orang-orang akan merasa kehausan, tetapi barang siapa yang dapat meminum air dari telaga Rasul maka tidak akan pernah merasa kehausan lagi, MasyaAllah.
Namun, hanya umat rasul yang sesungguhnnya yang benar benar menjalankan Sunnah Rasul yang diperbolehkan meminumnya, dan Rasul akan mengetahui siapa saja umatnya yang mencintai Rasul.

Para ulama menyimpulkan, ada 5 hal yang tidak akan bisa meminum air dari telaga Rasulullah:

1. Orang yang murtad di zaman Rasul

2. Orang-orang yang murtad setelah Rasulullah wafat 

(saat Rasul masih hidup mereka masih memegang islam, tetapi ketika Rasul wafat, mereka murtad)

3.  Orang Munafik

Ciri orang munafik bisa dilihat dari sholatnya, sholat yang paling berat Shubuh dan Isya (hati-hati mungkin antum munafik), Sholat tapi males, menampakkan keislaman tapi menyembunyikan kekufuran. Dan ciri orang munafik yang bisa dilihat saat ini adalah dia islam tapi membela orang kafir.

4.  Orang-orang yang mengubah Sunnah dan petunjuk Rasulullah Sholallahu alaihi wassalam

Ada orang-orang yang ingin merubah islam, mereka lebih berat ke ajaran dunia dan meninggalkan Sunnah Rasul. Menambahkan / mengurangi apa yang diajarkan Rasulullah maka orang tersebut tidak akan dapat meminum air di telaga kautsar.

5.  Para pelaku dosa besar

Barang siapa percaya pada kebohongan pemimpin dan membantunya maka dia tidak akan bisa meminum air di telaga Rasul.

Semoga kita termasuk orang yang menegakkan Sunnah, jangan anggap sepele yah guys (“aaah itu kan cuma Sunnah”), ingat sekecil apapun kebaikan yang dilakukan maka akan dicatat malaikat, apalagi yang menjalankan Sunnah begitu besar hadiahnya, mau kan dapat syafaat dari Rasulullah Shollallahu Alaihi Wassalam.

Bagaimana menegakkan Sunnah Rasul???

1. Melaksanakan kewajiban dan meninggalkan yang haram (yang tidak diperintahkan)

2. Meninggalkan bid’ah, baik  itu amaliah maupun itikadiah.

Contoh yang itikadiah itu yang diniatkan dan sampai di yakini seperti yang dilakukan syiah, naudzubillah.

3.  Semangat mengamalkan amalan-amalan Sunnah Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam

4. Mengajak kebaikan dan memperbaiki/memberitahu yang salah dari yang dilakukan oleh orang lain agar sesuai ajaran/Sunnah Rasulullah.

---

Apa manfaat jika mengamalkan Sunnah Rasul

1.  Berjumpa dengan Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam

2. Masuk Surga (Ingin masuk surga? Doa saja gak cukup loh, harus ikhtiar juga yaitu berusaha berpegang teguh pada Sunnah.

3.Dilipatgandakan pahala

4. Khusnul Khatimah

5. Mendapat pujian dari Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam

 6. Mendapat petunjuk dan istiqomah berada dijalan Allah.

Baca Annur ayat 54, yang Artinya : “Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul, jika kamu berpaling, maka sesungguhnya kewajiban Rasul (Muhammad) itu hanyalah apa yang dibebankan kepadanya, dan kewajiban kamu hanyalah apa yang dibebankan kepadamu. Jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu akan mendapat petunjuk. Kewajiban Rasul hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan jelas.”

7.  Akan memiliki firasat yang kuat, maka ketika berbicara akan penuh dengan hikmah.

---
Orang yang memegang Sunnah pada saat ini seperti menggenggam bara api, Karena orang yang menjalankan Sunnah saat ini terasa asing dikalangan kaum sendiri. Padahal orang yang menjalankan Sunnah akan mendapat 50 pahala dari para sahabat.

Begitulah teman-teman, sedikit sharing pada saat sesi tanya jawab dengan ustadz Syafieq, ada pertanyaan yang diajukan oleh anak muda, dia bertanya bagaimana meyakinkan orang tua bahwa dia ini sedang bersungguh sungguh mencari ilmu agama yang baik dan ingin menjalankan Sunnah namun ayahnya mengatakan, udah ganti aja ustadz yang lain yang lucu jangan terlalu fanatic. 

Astaghfirullah, memang benar saat ini islam apalagi Sunnah Sunnah itu terasa asing, orang yang mengamalkan dikata aneh dan lain halnya, yuk mari jika kita masih belum bisa mengamalkan Sunnah janganlah mencemooh dan menyepelekan mereka yang sedang menjalankan Sunnah, kita tidak pernah tau siapa yang lebih mulia di sisi Allah, bismillah yuuuk semangat menjalankan Sunnah.

Afwan, jika ada kekurangan dan kesalahan penyampaian mohon dikoreksi.

Terima Kasih, Wassalamualaikum wr wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEST KERJA

PENGALAMAN HSG & BIAYANYA DI SAM MARIE JAKARTA

CERPEN [Takdir yang tak bisa Diubah]