SIMBOL FLOW MAP

(Late Post) Lagi buka buka materi perkuliahan sambil mengenang belajar saat kuliah (ciieee yang udah lulus) eeh nemu ini deh, post ah... semoga membantu juga yang lagi cari simbol flow map ^_^

Resume - SIMBOL FLOW MAP

Evaluating Writing – Resume Perkuliahan hari senin 8 sept 2014
Mengevaluasi materi pembelajaran atau membuat resume materi perkuliahan mungkin bisa dikatakan susah-susah gampang, kenapa? Karena membutuhkan ingatan yang sangat baik untuk mengingat apa saja materi perkuliahan dan apa saja yang disampaikan oleh dosen dikelas. Terkadang sedikit gangguan dapat membuyarkan fokus kita, misalnya saja ada teman kita mengajak ngobrol atau sekedar memanggil untuk meminjam pulpen saat dosen sedang menerangkan, izin pergi ke toilet dan atau hal-hal kecil lainnya yang bisa mengganggu konsentrasi kita. Sehingga ketika disuruh mengevaluasi materi perkuliahan mungkin akan terasa sangat sulit bila mahasiswa tersebut tidak berkonsentrasi dikelas, tetapi akan sangat lebih mudah bagi mahasiswa yang mempunyai ingatan yang bagus dan konsentrasi yang baik untuk membuat review materi perkuliahan.
Materi perkuliahan hari senin tanggal 8 september 2014 kelas Content Development A pada jam masuk 10:30 Pak Yudi selaku dosen mengawali materi perkuliahan dengan mengulang pembahasan sebelumnya  yaitu cara membuat content pada sebuah halaman web dengan menggunakan software Adobe Dreamweaver, dimana pada hari itu Pak Yudi mengajak salah satu mahasiswa untuk berpartisipasi dalam pembahasan dan cara mengoperasikan Adobe Dreamweaver.
Langkah pertama :
buka Adobe Dreamweaver nya, lalu klik site à Newsites à (tulis nama, untuk Domain name, lalu tulis nama untuk directoy name, dan tulis nama File doc)
Langkah berikutnya :
Klik File àNew à Html à (lalu isi apapun sesuai dengan konten yang ingin kita masukan pada halaman web). “Akan dibahas dipertemuan berikutnya untuk membuat konten suatu halaman web” kata pak Yudi.

Lalu setelah salah satu mahasiswa selesai mengoperasikan software tersebut, pak Yudi menyuruh untuk membuat kelompok di kelas A, max 4 orang per kelompok.
Setelah semua mahasiswa mempunya kelompok masing-masing, Pak Yudi menjelaskan materi selanjutnya, yaitu Flow Map dan Flow Chart. Sebenarnya dari semester 3 saya pribadi tidak mengerti Flow map dan Flow Chart hingga hasil UTS pun sangat jelek, karena menurut saya pada saat itu flow chart dan flow map sulit dengan banyaknya simbol yang harus digunakan dan masih kurang paham penggunaan dari simbol tersebut. Tapi Perkuliahan pada hari senin itu bersama pak Yudi rasanya membuat materi mengenai flow chart dan flow map begitu mudah menyerap ke otak dan mudah untuk dipahami. Simbol-simbol yang sudah terlupakan dari semester 3 itu diingatkan kembali oleh pak Yudi.
Sekilas pak yudi memberikan materi flow chart lalu mahasiswa ditugaskan untuk membuat flow chart dari game yang ditunjukan oleh Pak Yudi dikelas pada hari itu (Game flash tangkap bola), dan membuat flow map dari kegiatan transaksi jual beli hp dengan menyebutkan beberapa entitasnya.
Pak Yudi mengatakan “setiap developer mempunyai pemikiran yang berbeda-beda, dan saya tidak akan menyalahkan apapun yang kalian buat, tapi saya hanya akan membetulkan simbolnya saja karena dikampus manapun penggunaan simbol untuk flow chart dan flow map itu sama”
Sehingga mahasiswa dengan leluasa membuat flow chart dan Flow map dikelas sesuai dengan pemikiran masing-masing hingga beberapa orang maju ke depan untuk memperlihatkan flow chart  yang dibuatnya pada glassboard yang ada diruangan kelas.



Ini beberapa simbol Flow Chart dan Flow map yang ditunjukan pak Yudi dikelas








            Pak Yudi juga memberikan evaluasi ulang mengenai Padlock dengan memperlihatkan video dan mahasiswa diharuskan untuk menjawab pertanyaan dengan memberikan contoh dan ditulis dikertas selembar. Perkuliahan diakhiri dengan pemberian 3 tugas, yang pertama yaitu merujuk  goose evaluating writing  tulis semua perkuliahan hari ini (senin 8 sept 2014), kedua membuat Flow chart dari game Space Invanders, dan terakhir membuat Flow Map perpustakaan.


Sekian perkuliahan pada hari itu, tugas review seperti ini akan dapat mengingatkan mahasiswa tentang materi perkuliahan dan akan bisa lebih memahami karena ada pengulangan yang harus diingat dan diketik oleh mahasiswa. Evaluating Writing ini merujuk pada buku Allen Goose 8 kinds of writing dimana teknik dari menulis evaluasi ini berdasarkan opini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEST KERJA

PENGALAMAN HSG & BIAYANYA DI SAM MARIE JAKARTA

CERPEN [Takdir yang tak bisa Diubah]